Rabu, 31 Agustus 2016

INTERNSIP IS COMING

Kurang lebih 6 bulan masa penantian dari Ujian Kompetensi Dokter dan pengumumannya hingga waku internsip tiba. 6 bulan, ya bisa dibilang waktu yang cukup lama untuk “menganggur”, bagi dokter yang “fresh graduated” ini. Namun apa boleh buat, system pendidikan kedokteran di Indonesia memang seperti itu, memang sih aku belum pernah meng “cross check” bagaimana system pendidikan kedokteran di negara tetangga ataupun negara—negara lainnya. Masa penantian ini sih ada yang bilang gak lama, namun ya itu subjektifitas masing-masing orang saja, namun 6 bulan menurutku cukup membuat diri ini “bosan” menganggur, bahkan ada teman yang mengatakan “ntar beku otak ini gak dipake-pake” heheheh.
Mungkin tidak semua orang tahu apa sih Internsip itu?. Bagi yang ingin mengerti lebih lanjut apa sih internsip itu bisa langsung di cek melalui portal internsip dokter Indonesia di website resmi Kementerian Kesehatan RI.
Namun secara singkatnya internsi itu program wajib dari pemerintah bagi para “fresh graduated” ini untuk mengabdi di daerah atau diRumah Sakit yang telah di tunjuk dan bekerja sama. Husnudzon nya sih (In sya Allah saja ya) untuk pemerataan dokter di Indonesia, agar kesehatan di Indonesia semakin baik, terutama di daerah-daerah yang jarang terjangkau, ya mudah-mudahan saja benar, Amiin.
Beberapa waktu lalu telah di buka wahana internsip dokter Indonesia, dan aku telah memilih tempat/wahana tersebut, dan “Alhamdulillah” nya aku memilih (mendapat pilihan) di RS Umum Kabupaten Kolaka, provinsi Sulawesi Tenggara. Walaupun sebenarnya berat rasanya hati ini untuk pergi jauh-jauh dari rumah, apalagi orang tua ku (Abah) yang sudah berumur, namun In Sya Allah ini adalah jalan terbaik menurut Allah SWT (pilihan Allah pasti yang terbaik, namun saat ini kita mungkin belum melihatnya), Amiin.
Dan beberapa waktu lagi aku akan berangkat ke daerah tersebut, ya mudah-mudahan aku betah, “Safe and Sound” lah di sana, terutama 1 tahun kedepan, Amiin.

And, Bismillah
See You and I’m Coming KOLAKA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar